Skip to main content

Bisnis Arisan Berantai atau Arisan Ibu-Ibu

Saat membaca postingan iklan bisnis online yang menonjolkan kelebihan bahwa ibu-ibu rumah tangga yang awalnya gaptek dan memiliki keterbatasan waktu untuk bekerja diluar rumah bisa mendapatkan penghasilan jutaan bahkan puluhan juta setiap bulan di salah satu forum, ada yang berkomentar, "Jangan-jangan hanya arisan ibu-ibu, wkwkwkwk". 



Wah...bisa jadi si Mas yang berkomentar itu belum mempelajari sistem bisnis online. Lebih parahnya lagi mungkin si Mas tidak tahu perbedaan bisnis jaringan dengan bisnis arisan atau bisnis arisan berantai yang kini juga marak di dunia online.

Mengetahui cara memilih bisnis online terutama bisnis jaringan dan memahami sistem bisnis baik online maupun offline yang ditawarkan adalah cara cerdas untuk menghindari penipuan berkedok bisnis M.LM alias bisnis arisan berantai.

Kita ketahui bahwa bisnis arisan ibu-ibu memang hanya setor uang lalu di undi siapa yang mendapatkan undian. Kegiatan ini masih lebih positif selama setiap orang yang tergabung nantinya juga mendapatkan sejumlah uang yang sama hanya saja diundi dalam waktu yang berbeda di periode yang sudah ditentukan. Tidak ada yang dirugikan.

Sedangkan bisnis arisan berantai ini lah yang harus di waspadai. Berkedok bisnis online dengan iming-iming mendapatkan penghasilan berlipat-lipat dengan modal sekian ribu bahkan sampai jutaan. Biasanya modal itu dianggap sebagai pengganti sejumlah ebook atau produk yang ditawarkan. Bahkan ada yang mengatasnamakan bisnis sedekah karena nantinya sebagian uang modal yang disetorkan akan di berikan pada yang berhak. Contohnya selebaran yang mengatasnamakan Ust. Yusuf Mansur yang diulas pak Mahaji Noesa disini.



Kunci dari dari arisan berantai adalah ketika ada alokasi uang modal dari anggota baru untuk sponsor/upline/orang yang mengajak baik hanya untuk level diatasnya bahkan ada yang sampai ke beberapa level diatasnya. Lalu untuk mendapatkan bonus si anggota baru itu juga harus mengajak orang dan nantinya akan ada uang yang diterima dari uang modal yang diserahkan dan seterusnya.

Bisnis online maupun offline baik yang menggunakan sistem langsung maupun jaringan yang baik adalah bisnis berbasis penjualan produk dimana bonus diberikan berdasarkan omset penjualan dalam periode tertentu baik dari penjualana pribadi atau penjualan group.

Ahli internet marketing, Dini Shanti, yang kini telah menjadi TOP LEADER di perusahaam M.LM terbaik di Indonesia berbagi tips memilih bisnis jaringan secara umum dimana salah satunya adalah penggunaan produk untuk jangka panjang. 

Yuuuk jadi pebisnis online yang cerdas agar terhindar dari penipuan bisnis arisan berantai yang berkedok bisnis M.LM atau bisnis jaringan.

Comments

  1. Ikut Arisan ibu2 di komplek aja bun, pilih aman. Dari pada aberantai ngak jelas nantinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lum nemu group arisan di komplek yang baru mbak, qeqe alhamdulillah sekarang lagi ikut bisnis Oriflame yang sistemnya dan terbukti bagus selama 45 tahun di 60 negara. Buktinya di Indonesia juga dah banyak apalagi di group dBCN. Kalau cuma bisnis arisan berantai mah gak tertarik, bo'ong2an :D

      Delete
  2. Replies
    1. Oh ya? dBCN juga kah? Selamat mendukung istri :D

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyapih Anak Secara Alami

“Fen, bagi tips menyapih anak dong. Al dulu disapih khan pas hamil Sita?”, tanya salah satu teman sekolah via WA. Saya otomatis nyengir saat membaca pesan tersebut. Meskipun menyandang predikat ibu dari dua orang balita, saya masih NOL besar untuk pengetahuan sapih menyapih, apalagi cara menyapih anak agar tidak rewel. Memang saat hamil Sita, si kakak Al baru berusia 1,5 tahun. Namun Al sudah tidak menyusu jauh sebelum saya hamil Sita. Al sudah berhenti menyusu sejak usia 8 bulan. Tanpa paksaan dan tanpa drama. Justru saya yang “drama” ketika Al berhenti menyusu. Pasalnya saya masih berkeinginan untuk menyusui. Terlebih  ada kampanye yang gencar tentang menyusui dengan predikat lulus S1, S2 sampai S3. Seorang anak dikatakan lulus S3 kalau bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. Perasaan bersalah dan tidak becus menyusui anak sempat menghantui saat itu. Beberapa kali juga saya mendapat pendapat negatif ketika tahu Al sudah tidak menyusu padahal belum genap satu tahun. Termasuk teman…

Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket

Beberapa kali saya melewatkan kesempatan untuk mendengarkan sharing langsung dari owner Vanilla Hijab. Padahal ada sekitar 3-4 kali kesempatan itu datang. Hingga akhirnya bulan kemarin ada info gathering salah satu komunitas bisnis di Jogja yang mengundang Atina dan Intan, kakak beradik yang menggawangi suksesnya Vanilla Hijab. Meski hampir saja kembali terlewatkan karena kuota penuh, akhirnya pihak panitia menambah slot kuota peserta gathering. Alhamdulillah, tiket sudah ditangan. Tinggal berharap bisa benar-benar hadir di hari H.

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket