Skip to main content

PERKEMBANGAN BAYI 9 BULAN | TEPUK TANGAN PERTAMA ALHAQ

Pok Ame Ame Belalang Kupu KupuSiang Makan NasiKalau Malam Minum Susu
Sejak Alhaq masih bayi, Fenny sering melantunkan lagu pendek diatas sambil tepuk tangan.

Awalnya Al hanya senang mendengarkannya. Terlihat dari sorot matanya yang berbinar-binar sambil memandang Fenny meski hanya beberapa saat.

Tidak hanya Fenny melainkan seluruh anggota keluarga lainnya (red: Fenny masih tinggal bersama orang tua) pun sering menyanyikan lagu yang sama dan bertepuk tangan.

Tiba-tiba ketika si Kakek menyanyikan lagu itu, Al yang sedang asyik duduk bermain langsung meletakkan mainannya dan menirukan gerakan tepuk tangan. Seketika seluruh anggota keluarga Fenny yang menemani Al bermain langsung girang. Beberapa kali dinyanyikan lagu yang sama dan Al hanya cengar-cengir tak bertepuk tangan lagi.

Ternyata setelah googling, tepuk tangan adalah salah satu tanda perkembangan bayi 10 bulan. Sedangkan saat Al bertepuk tangan pertama kalinya, usia Al berjalan 9 bulan 10 hari. Beruntung sekali perkembangan motorik Al bisa dikatakan bagus.

Tepuk tangan dipercaya bisa meningkatkan koordinasi kedua belahan otak bayi sebagaimana yang dituliskan Ayah Bunda disini.

Kini Al hobi tepuk tangan. Bangun tidur pun Al bisa langsung duduk dan bertepuk tangan, terutama saat kualitas tidurnya terjaga.

Selain itu, Al juga paling suka bermain CiLukBa. Al riang sekali sampai tertawa. Terlebih jika Fenny atau yang lain menirukan ekspresi dan suaranya. Kedua kegiatan itu bisa menstimulasi perkembangan bayi 9 bulan agar lebih percaya diri.

Kegiatan yang sangat menyenangkan dan murah meriah untuk merangsang perkembangan motorik dan otak Al. Bahagianya menjadi seorang ibu

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menyapih Anak Secara Alami

“Fen, bagi tips menyapih anak dong. Al dulu disapih khan pas hamil Sita?”, tanya salah satu teman sekolah via WA. Saya otomatis nyengir saat membaca pesan tersebut. Meskipun menyandang predikat ibu dari dua orang balita, saya masih NOL besar untuk pengetahuan sapih menyapih, apalagi cara menyapih anak agar tidak rewel. Memang saat hamil Sita, si kakak Al baru berusia 1,5 tahun. Namun Al sudah tidak menyusu jauh sebelum saya hamil Sita. Al sudah berhenti menyusu sejak usia 8 bulan. Tanpa paksaan dan tanpa drama. Justru saya yang “drama” ketika Al berhenti menyusu. Pasalnya saya masih berkeinginan untuk menyusui. Terlebih  ada kampanye yang gencar tentang menyusui dengan predikat lulus S1, S2 sampai S3. Seorang anak dikatakan lulus S3 kalau bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. Perasaan bersalah dan tidak becus menyusui anak sempat menghantui saat itu. Beberapa kali juga saya mendapat pendapat negatif ketika tahu Al sudah tidak menyusu padahal belum genap satu tahun. Termasuk teman…

Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket

Beberapa kali saya melewatkan kesempatan untuk mendengarkan sharing langsung dari owner Vanilla Hijab. Padahal ada sekitar 3-4 kali kesempatan itu datang. Hingga akhirnya bulan kemarin ada info gathering salah satu komunitas bisnis di Jogja yang mengundang Atina dan Intan, kakak beradik yang menggawangi suksesnya Vanilla Hijab. Meski hampir saja kembali terlewatkan karena kuota penuh, akhirnya pihak panitia menambah slot kuota peserta gathering. Alhamdulillah, tiket sudah ditangan. Tinggal berharap bisa benar-benar hadir di hari H.

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket