Saturday, April 11, 2015

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Saturday, April 11, 2015
"Sita dah bisa tengkurap Fen? Koq Aurel belum ya? Apa karena kegemukan?"

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh tetangga yang juga memiliki bayi seusia Sita. Oh ya, hari ini Sita genap berumur 3 bulan (3m.o) lho. Tengkurap memang menjadi salah satu perkembangan bayi usia 3 bulan.

...pose tengkurap Sita saat usia 2m 16d.

Selain tengkurap, bayi dalam rentang usia 0-3 bulan secara bertahap akan mencapai perkembangan berupa:
  1. mendengar dan mencari sumber suara
  2. mengamati dan menngenali benda dalam jarak kurang lebih 30 cm
  3. merespon ketika diajak berbicara baik dengan mengoceh atau tersenyum, kadang tertawa
  4. mengerakkan kaki dan tangan
  5. tengkurap sambil mengangkat kepala dengan tegak
Sita mencapai perkembangan sesuai urutan diatas. Hal yang perlu dipahami adalah setiap anak memiliki waktu yang berbeda untuk setiap urutan pencapaian. Contohnya seperti bayi tetangga yang belum bisa tengkurap tapi sudah bisa merespon dengan cepat. Sita cenderung moody ketika berinteraksi tapi motoriknya lebih kuat, salah satunya terbukti dengan lebih cepat bisa tengkurap.

Berdasarkan buku Letters to Aubrey yang pernah saya baca, saya mendapati bahwa rentang usia 0-3 bulan sangat tepat untuk mendeteksi beragam kelainan yang mungkin di derita bayi. Misalnya gangguan pendengaran, penglihatan maupun organ dalam. Si ibu perlu memberikan stimulus untuk mengobservasi apakah ada kelainan pada bayi atau tidak. Selain untuk mengobservasi, stimulus juga bisa merangsang perkembangan anak menjadi lebih baik.

Jika melebihi batas usia namun bayi belum menunjukkan pencapaian seperti yang saya sebutkan diatas, sebaiknya segera di konsultasikan ke tenaga medis untuk antisipasi dini jika terjadi kelainan. Semoga informasi perkembangan bayi usia 3 bulan ini bermanfaat.

12 comments :

  1. Sita udah gede ya ...udah tengkurep aja..
    Kapan2 kita ketemu ya syang..kak nadia pasti gemes deh liat sita :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap tante, ketemu di klaten atau semarang hayuuuuk :D

      Delete
  2. Kemampuan tiap anak beda2 ya mb..., wong anakku 3 aja beda2 perkembangan kemampuannya. Ada yang cepet ada yang biasa2 aja...Yang penting tugas perkembangannya tetap jalan dan jangan lupa stimulasi juga...*sun sayang buat dedek Sita

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, jangan kan dengan anak tetangga, anak sendiri aja beda-beda ya, padahal pabriknya sama :D

      Delete
  3. Anakku baru tengkurep umur 4 bulan. Tapi skrg blm 6 bulan mulai bs duduk dan pengennya berdiri mulu..

    ReplyDelete
  4. Mahesh belum berusaha tengkurap di usianya yg seminggu lagi 3 bulan.. sekarang dia baru muter-muter aja.. Bener, semua anak kan unik dan lagi pula ada ahli yg berpendapat bahwa kematangan anak tidak selalu sama dg usia kronologis, karena ada bayi yg dilahirkan lebih awal atau lebih lama.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kayak surprise koq mbak, tahu2 glinding bisa tengkurap gitu :D

      Delete
  5. Waah belum pernah ketemu Sita... ayok dek Sita kapan ikutan kopdar ibu2 hehehe

    ReplyDelete
  6. kayaknya diapers juga mempengaruhi kecepatan tengkurep. Soalnya anak tetanggaku yang lebih muda 3 minggu lebih cepat tengkurap karena gak dipakein diapers. Babyku ini 5 bulan baru pengen tengkurep2nya tapi masih belum bisa mindahin tangannya yang tertindih jadinya sering minta tolong cuat cuat hahaha

    ReplyDelete
  7. Yak, seneng ya lihat perkembangan anak-anak yang sehat itu Fen. Dan harus cermat membaca perkembangan motorik anak-anak, agar dapat cepat tertangani dengan baik kalo pertumbuhannya gak sesuai.

    Salam cium buat anak-anak ya :D

    ReplyDelete