Tuesday, July 21, 2015

Veronica Ratnaningrum, Women Marketer Masa Kini

Tuesday, July 21, 2015
Rata-rata profesi Konsultan Marketing di Indonesia dilakoni oleh kaum pria. Namun wanita yang akrab dipanggil Vey ini ternyata mampu mendobrak dominasi tersebut. Mengambil spesifikasi di bidang layanan jasa layanan marketing yang menghubungkan perusahaan klien dengan sejumlah Bank utama di Indonesia, Veronica Ratnaningrum sukses membangun perusahaannya dengan nama PT Masterindo Multiguna.

sumber gambar: indscript
Perusahaan yang didirikan tahun 2011 oleh lulusan Southern Illinois University ini memiliki klien yang sebagian besar adalah bank. Discount, top spender dan lain-lain merupakan bentuk program promosi hasil kerjasama merchant (pemiliki usaha seperti restoran) dengan bank atau perusahaan sejenis lainnya yang dihubungkan oleh Vey. Dalam hal hal ini, PT Masterindo Multiguna memberikan service berupa Merchant Privileges Outsourcing. Untuk mendukung service ini, PT Masterindo Multiguna memiliki jaringan merchant yang menjangkau seluruh provinsi di Indonesia. Terciptanya transaksi yang lebih signifikan dengan adanya layanan tambahan melalui kolaborasi pemilik usaha (merchant) dengan bank atau perusahaan klien menjadi tujuan program tersebut. Selain Merchant Privileges Outsourcing, PT Masterindo Multiguna juga menawarkan program Redemption Program, Voucher, dan Merchandise. Veronica Ratnaningrum mengungkapkan bahwa semua program tersebut dikerjakan sendiri oleh perusahaannya. Mulai dari pendekatan dengan pihat terkait (approach) sampai terjadi kesepakatan (deal). Urusan pencetakan kolateral seperti penempatan banner promo di lokasi merchant yang berfungsi untuk menginformasikan program kepada customers juga dilakukan oleh PT Masterindo Multiguna.


Veronica Ratnaningrum berhasil menggandeng sejumlah bank-bank besar di Indonesia baik bank swasta maupun BUMN hanya dalam waktu empat tahun. Networking menjadi modal utama. Vey yang visioner dan mengutamakan profesionalisme dalam bekerja ini berbagi rahasia bahwa menjaga hubungan baik dengan para pemilik usaha menjadi tombak terdepan supaya bisa menawarkan jasa kepada pihak Bank. Selain itu, Vey juga memiliki ketekunan, semangat belajar yang tinggi serta jiwa kepemimpinan yang kuat sehingga bisa mengembangkan bisnis jasa konsultan marketing dalam waktu relatif singkat. Oleh karena itu, tak salah jika Vey layak menyandang predikat Women Marketer masa kini yang bisa diperhitungkan.

sumber gambar: indscript
Veronica Ratnaningrum menyadari bahwa usaha yang digelutinya tidak lepas dari persaingan. Baru-baru ini mulai muncul pesaing yang kebanyakan adalah teman atau mantan karyawan. Namun Vey yang dinamis, memiliki visi luas dalam mengembangkan bisnis dan jasa konsultan marketing, komunikatif dan berjiwa sosial tinggi ini tak merasa ciut. Vey sudah menyiapkan inovasi berupa Digital Merchant, e-Catalogue, dan e-Voucher yang menjadi layanan terbaru PT Masterindo Multiguna. Layanan ini akan diluncurkan satu atau dua bulan kedepan. Selain itu, Vey percaya kepiawaiannya dalam merancang program, riset, menganalisa pasar, mengorganisir, memanajemen, serta memberikan jalan keluar untuk setiap problem yang dihadapi kliennya menjadi daya pemikat tersendiri yang tidak dimilki oleh pesaingnya. Bagi Vey, owner PT. Masterindo Multiguna ini, asal orang lain bahagia maka ia pun bahagia.

sumber gambar: swa.co.id


1 comment :

  1. jd mendapat ilmu baru ttg konsultan marketing nih mb...kmrn sama skl g tahu ^_^

    ReplyDelete