Sunday, August 30, 2015

Sudahkah Para Orang Tua Mendukung Anak Untuk Berani Bereksplorasi?

Sunday, August 30, 2015
"Anak saya pemalu. Lebih suka diam di rumah. Bagaimana caranya agar ia lebih banyak berinteraksi dan bereksplorasi di luar rumah?"
Pertanyaan salah seorang emak blogger, Prima Purbantoro di acara Media Gathering Dancow Excel Nutri+ hari Minggu, 29 Agustus 2015 kemarin menarik minat saya untuk segera mengetahui jawaban dari narasumber. Memiliki anak yang kurang "bergaul" seringkali menimbulkan kecemasan di hari para orang tua. Seperti halnya ketika beberapa waktu yang lalu Al sempat beberapa hari hanya berkutat menonton Youtube dan tidak tertarik bermain dengan teman-temannya. Bagaimana jika nantinya anak tidak bisa bersosialisasi dengan baik?

Ibu Lia Mawarsari Boediman, MS. CP. Psy yang merupakan psikolog memberikan penjelasan bahwa sesungguhnya ada peran orang tua untuk membentuk anak yang berani bereksplorasi dan mampu berinteraksi dengan baik. Meski tak bisa dipungkiri bahwa sifat pemalu juga dipengaruhi faktor keturunan, namun ada banyak cara agar anak lebih aktif. Salah satunya dengan memberikan cinta sejati kepada buah hati. Orang tua hendaknya menciptakan kondisi sekitar yang memancing anak untuk berinteraksi. Misalnya dengan mengundang satu dua teman ke rumah dan mengajak buah hati bermain bersama mereka. Jika sudah ada perkembangan bisa ditambah jumlah teman bermain hingga kemudian anak diajak ke group bermian yang lebih besar di luar rumah. Dengan demikian anak akan tumbuh rasa percaya diri dan lebih mandiri. Tentunya perlindungan orang tua masih diperlukan dalam tumbuh kembang anak selama bereksplorasi.

Selain stimulasi ketika anak dalam masa pertumbuhan, sejatinya nutrisi anak seharusnya sudah dipersiapkan sejak masa 1000 hari pertama atau periode emas kehidupan buah hati. Terhitung sejak usia kehamilan hingga  usia anak dua tahun merupakan periode terpenting karena sensitif, kritis dan tidak dapat diulang. Demikian yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Kandungan Dr. dr. Ali Sungkar, SP. OG(K). Nutrisi yang didapat sejak dalam kandungan akan mempengaruhi perkembangan otak anak hingga dewasa.

Lebih lanjut Dokter Spesialis Gizi dr. Stella Evangeline,MGizi, Sp. GK mengungkapkan bahwa faktor asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai  tahapan usia anak akan bekerja efektif dalam tubuh dimana makanan yang diberikan diolah di saluran cerna. Faktanya 80% sistem daya tahan tubuh terletak di saluran cerna. Untuk kinerja saluran cerna yang baik maka diperlukan nutrisi yang memberikan perlindungan. Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum,  minyak ikan, tempe dan nutrisi penting lainnya. Jika saluran cerna terlindungi, anak akan mendapat perlindungan ketika belajar dan bereksplorasi.


Brand Ambasador Dancow, Shahnaz Haque yang sudah bekerja sama dengan Dancow Parenting Center selama 9 tahun menyatakan bahwa benar adanya tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh nutrisi dan stimulasi beserta cinta kasih ibu. Ketiga buah hatinya bersama Gilang tumbuh menjadi anak yang suika bereksplorasi dan berprestasi di bidangnya. Dalam hal mendidik anak, peran ayah juga diperlukan untuk melengkapi cinta kasih ibu. Contohnya ketika mengambil raport atau menemani anak beraktivitas, Shahnaz membagi perannya dengan Gilang. Bahkan Dr. Ali menambahkan bahwa di Swedia sampai diberlakukan adanya jam Ayah dimana saat itu si ayah lebih dominan berperan dalam mengasuh anak. Hasilnya anak-anak Swedia memiliki perkembangan yang optimal dan seimbang.


Nestle Dancow memahami bahwa perkembangan anak harus dilakukan secara holistic dan perlu nutrisi penting. Hal ini lah yang melatarbelakangi peluncuran Nestle Dancow Excelnutri+ yang merupakan inovasi terbaru dari Nestle Dancow untuk varian Nestle Dancow 1+. Susu pertumbuhan terkemuka di Indonesia ini memiliki tiga keunggulan nutrisi untuk perlindungan, perkembangan otak dan pertumbuhan fisik. Adalah komitmen Nestle Dancow 1+ untuk memastikan anak Indonesia terlindungi berkat nutrisi yang tepat sehingga bisa belajar dan bereksplorasi. Senior Brand Manager Nestle Dancow Excelnutri+ PT Nestle Indonesia, Riza Nopalas menyatakan bahwa penyempurnaan nutrisi Nestle Dancow Excelnutri+ ini dalam rangka mewujudkan anak Indonesia yang lebih sehat.

RANCH ADVENTURE, DUNIA COWBOY TERBESAR DAN PERTAMA DI JOGJA

Tidak hanya mendukung tumbuh kembang anak dengan menyediakan nutrisi yang tepat dengan inovasi Nestle Dancow Ezcelnutri+, Nestle Indonesia yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1971 ini menghadirkan Ranch Adventure. Ranch Adventure ini hadir dalam bentuk sebuah area bermain yang didalamnya terdapat peternakan yang di desain untuk memberikan stimulasi pada semua panca indera buah hati. Selain itu keterampilan sensorik motorik, ketrampilan dalam komunikasi, sosial emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas si kecil.

sumber gambar: hashgurus.com
Dalam area seluas 592 meter persegi, Ranch Adventure menampilkan 7 aktivitas seru yang terdiri dari Animal Petting, Fishing Area, Milking Cow, Pony Riding, Puzzle, Hay Maze, Labirin dan Gardening. Melalui peternakan kelinci, kuda dan domba si Kecil diajarkan untuk berani berinteraksi dan berempati dengan hewan. Demikian juga dengan dengan aktivitas menangkap ikan di Fishing Area, menunggang kuda poni serta memerah susu sapi. Memori si Kecil juga bisa diasah melalui permainan Puzzle dan Hay Maze serta petualangan di Labirin. Area Gardening si Kecil diajarkan untuk mengenal dan mencintai tumbuhan. Hasil menangkap ikan dan berkebun bisa dibawa pulang lho...

sumber gambar: krjogja.com
Selain area bereksplorasi si Kecil, ada juga talkshow bersama narasumber ahli di bidangnya yang dipandu oleh Shahnaz Haque. Ada pula layanan konsultasi dengan psikolog dan photo booth ala Cowboy. Semuanya bisa dinikmati secara gratis hanya dengan membeli paket susu Dancow ExcelNutri+. Ada hadiah langsung berupa t-shirt hingga magic jar. Ada operet yang mengawali peluncuran Dancow ExcelNutri+. Seruuu ...

Sayang kemarin saya hanya mengajak Sita, 8m. Coba kalau mengajak Al, 2,5y. Pasti dia akan senang sekali bereksplorasi di Ranch Adventure. Semoga saat kegiatan ini berlanjut di Semarang, Makassar, Medan dan kembali ke Jakarta ini Fenny bisa datang lagi bersama Al. Acara yang terselengggara berkat kerjasama Hypermart dan Nestle Indonesia ini berlangsung di Jogja City Mall tanggal 29-30 Agustus 2015 lalu. Harapann dengan diadakan kegiatan ini adalah keluarga Indonesia dapat mengambil manfaat sehingga terwujud generasi Indonesia yang tangguh dan lebih baik.

7 comments :

  1. Wah..kenapa ga bawa Al? Anak cowok paati suka banget cowboy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bawa Al rempong mbak, akunya sendirian udah bawa Sita

      Delete
  2. Inspirasinya keren ya mba, generasi Indonesia yang lebih baik, layak didukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, layak juga Nestle dapat tempat di hari keluarga Indonesia :)

      Delete
  3. Nestle sangat memperhatikan perkembangan generasi Indonesia ya Fenny, dulu hanya si bungsu yang minum susu Dancow. Kakaknya susu merk lain, karena lumayan sensitiv :D

    ReplyDelete