Skip to main content

Ajaib, Air Liur Ibu ternyata Menyembuhkan

Mata Sita, putri saya yang berusia 7 bulan 10 hari nampak berair. Di sudut mata kirinya terdapat lendir kuning seperti nanah. Saya pun menyekanya dengan waslap hangat. Saya berfikir mungkin hanya kotoran atau debu yang masuk ke mata. Tidak terfikirkan bahwa mata bayi Sita belekan sebelah.

sumber gambar: google
Betapa terkejutnya saya ketika keesokan pagi mendapati Sita sudah mengoceh dini hari seperti biasa namun matanya terpejam. Bulu matanya penuh lendir kuning yang sudah berkerak. Sepertinya lendir itu juga yang membuat kelopak mata Sita lengket sehingga ia tidak bisa membuka mata.

Kebingungan melanda dengan pertanyaan mata bayi belekan obatnya apa? Saya pun teringat pesan ibu untuk menyeka mata Sita dengan air liur bacin kalau Sita bangun tidur masih dalam kondisi mata mengeluarkan kotoran. Tanpa pikir panjang, saya lalu mengoleskan alir liur dari mulut yang belum berkumur apalagi sikat gigi. Baunya jangan ditanya. Kotoran yang melekat di bulu mata Sita bisa dihilangkan. Perlahan-lahan Sita bisa membuka matanya. Setengah jam kemudian saya menyekanya dengan air hangat. Mata Sita pun kembali bersinar dan terbuka lebar.

Meskipun begitu sepanjang hari berikutnya mata Sita masih berair dan mengeluarkan kotoran meski tidak sebanyak hari sebelumnya. Ketika bangun tidur keesokan harinya, kembali saya mengoleskan air liur bacin dengan jari di kelopak matanya yang tertutup. Kali ini tidak perlu waktu lama untuk Sita bisa membuka mata. Baru lah Sita terbebas dari belekan. Obat mata bayi belekan tenyata sederhana dan murah meraih.

Saya sempat bertanya-tanya, mata bayi belekan kenapa ya? Rupanya yang menjadi penyebab mata bayi belekan adalah karena terlalu banyak kotoran atau debu yang masuk. Siang hari sebelum mata Sita mulai berair di sore hari memang saya mengajaknya keliling mengurus pekerjaan dengan naik motor. Saya melewati jalanan yang dilalui kendaraan berat beroda empat yang menebarkan debu dan residu mesin melalui knalpotnya. Imbasnya mata Sita jadi kemasukan debu dan kotoran tingkat berat hingga belekan. Jangan ditanya betapa besar rasa bersalah saya. Ketika Sita mengucek-ucek matanya yang terasa gatal, saya menjadi trenyuh dan memeluknya erat. Beruntung cara menyembuhkannya cukup mudah. Ajaib, air liur ibu ternyata menyembuhkan.

Comments

  1. iya ya, karena dibawa keluar itu tadi...saluran air mata pada bayi pun belum bekerja sempurna di usia Sita, jadinya trus belekan tadi. #CMIIW
    Dan metode air liur ibu ini pernah saya dengar dan wah subhanallah yaaaa mbak...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyapih Anak Secara Alami

“Fen, bagi tips menyapih anak dong. Al dulu disapih khan pas hamil Sita?”, tanya salah satu teman sekolah via WA. Saya otomatis nyengir saat membaca pesan tersebut. Meskipun menyandang predikat ibu dari dua orang balita, saya masih NOL besar untuk pengetahuan sapih menyapih, apalagi cara menyapih anak agar tidak rewel. Memang saat hamil Sita, si kakak Al baru berusia 1,5 tahun. Namun Al sudah tidak menyusu jauh sebelum saya hamil Sita. Al sudah berhenti menyusu sejak usia 8 bulan. Tanpa paksaan dan tanpa drama. Justru saya yang “drama” ketika Al berhenti menyusu. Pasalnya saya masih berkeinginan untuk menyusui. Terlebih  ada kampanye yang gencar tentang menyusui dengan predikat lulus S1, S2 sampai S3. Seorang anak dikatakan lulus S3 kalau bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. Perasaan bersalah dan tidak becus menyusui anak sempat menghantui saat itu. Beberapa kali juga saya mendapat pendapat negatif ketika tahu Al sudah tidak menyusu padahal belum genap satu tahun. Termasuk teman…

Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket

Beberapa kali saya melewatkan kesempatan untuk mendengarkan sharing langsung dari owner Vanilla Hijab. Padahal ada sekitar 3-4 kali kesempatan itu datang. Hingga akhirnya bulan kemarin ada info gathering salah satu komunitas bisnis di Jogja yang mengundang Atina dan Intan, kakak beradik yang menggawangi suksesnya Vanilla Hijab. Meski hampir saja kembali terlewatkan karena kuota penuh, akhirnya pihak panitia menambah slot kuota peserta gathering. Alhamdulillah, tiket sudah ditangan. Tinggal berharap bisa benar-benar hadir di hari H.

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket