Skip to main content

5 Ide Pekerjaan Sambilan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Saya terpukau ketika melihat seorang anak yang menjadi bintang tamu sebuah talkshow di televisi. Dengan wajah yang sumringah dan penuh percaya diri, anak yang bernama Zyah Rizal Fadilla itu bercerita kegiatan sehari-harinya menjadi penjual sandwich dan kue keliling sepulang sekolah. Anak yang akrab dipanggil Rizal itu memang bukanlah anak dari keluarga mampu meski bukan pula anak yang tidak berkecukupan. Prinsipnya yang tidak ingin menyusahkan orang lain dan selalu ingin berbagi membuat saya berdecak kagum. Anak seumuran sekolah dasar sudah memiliki pemikiran untuk mandiri.

sumber gambar http://regional.kompas.com/
Demikian pula dengan Aldi Ferdian, seorang Financial Engineering & Consultant, Investor Indonesia. Sejak kecil Aldi Ferdian juga sudah terbiasa mencari uang jajan sendiri. Kesadaran inilah yang kemudian menempanya menjadi seorang enterprenuer. Kini ada lebih dari 8 perusahaan yang dibiayainya mulai dari Grinta, Travella Tour, Kingkong Jasa Media, Kampung n’De, Danus, Fox One Media Pratama, Individwa, Dwa Cipta, dan lain-lain. Belum lagi proyek sumur tua dan kini merambah ke dunia property yang meliputi Paditeras Condotel, di Seminyak – Bali, dan Quo Space Soho-Fatmawati.


Sebelum menekuni profesi sebagai Financial Engineering & Consultant, Investor, Aldi Ferdian telah mencicipi berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai sambilan saat masih menjadi pelajar dan mahasiswa diantaranya:

1. penjual mainan tempel bertali dan persewaan buku,
2. supir antar jemput untuk anak sekolah dasar di usia 17 tahun
3. crew service dan delivery service di McDonald Kings Plaza – Bandung,
4. team Event Organizer, Jidar Entreprise, Semarang
5. supervisor Fame Station Café,

Pekerjaan-pekerjaan tersebut dilakoni Aldi Fedian hingga memasuki bangku kuliah sampai akhirnya lulus. Aldi Ferdian menjalani pekerjaannya atas dasar suka dan senang sehingga tidak terasa sedang bekerja.Aldi Ferdian percaya jika yang diperjuangkan bukan uang, melainkan kepuasan maka uang akan mengikuti dengan sendirinya. Perjalanan hidup Aldi Ferdian telah memberikan contoh nyata ide pekerjaan sambilan untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa dilakukan tanpa mengganggu aktivitas utama, yaitu belajar. Semoga menginpirasi.

Comments

  1. Aku nonton yang talkshow Rizal itu, terharu beneran nontonnya ngeliat anak SD, pinter, mau jualan, rajin ngaji pula. Sederhana banget...

    ReplyDelete
  2. aku malah kebanyakan kerja sampingan, kuliah terlupakan, paraahhhhh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyapih Anak Secara Alami

“Fen, bagi tips menyapih anak dong. Al dulu disapih khan pas hamil Sita?”, tanya salah satu teman sekolah via WA. Saya otomatis nyengir saat membaca pesan tersebut. Meskipun menyandang predikat ibu dari dua orang balita, saya masih NOL besar untuk pengetahuan sapih menyapih, apalagi cara menyapih anak agar tidak rewel. Memang saat hamil Sita, si kakak Al baru berusia 1,5 tahun. Namun Al sudah tidak menyusu jauh sebelum saya hamil Sita. Al sudah berhenti menyusu sejak usia 8 bulan. Tanpa paksaan dan tanpa drama. Justru saya yang “drama” ketika Al berhenti menyusu. Pasalnya saya masih berkeinginan untuk menyusui. Terlebih  ada kampanye yang gencar tentang menyusui dengan predikat lulus S1, S2 sampai S3. Seorang anak dikatakan lulus S3 kalau bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. Perasaan bersalah dan tidak becus menyusui anak sempat menghantui saat itu. Beberapa kali juga saya mendapat pendapat negatif ketika tahu Al sudah tidak menyusu padahal belum genap satu tahun. Termasuk teman…

Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket

Beberapa kali saya melewatkan kesempatan untuk mendengarkan sharing langsung dari owner Vanilla Hijab. Padahal ada sekitar 3-4 kali kesempatan itu datang. Hingga akhirnya bulan kemarin ada info gathering salah satu komunitas bisnis di Jogja yang mengundang Atina dan Intan, kakak beradik yang menggawangi suksesnya Vanilla Hijab. Meski hampir saja kembali terlewatkan karena kuota penuh, akhirnya pihak panitia menambah slot kuota peserta gathering. Alhamdulillah, tiket sudah ditangan. Tinggal berharap bisa benar-benar hadir di hari H.

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket