Tuesday, October 13, 2015

5 Ide Pekerjaan Sambilan untuk Pelajar dan Mahasiswa

Tuesday, October 13, 2015
Saya terpukau ketika melihat seorang anak yang menjadi bintang tamu sebuah talkshow di televisi. Dengan wajah yang sumringah dan penuh percaya diri, anak yang bernama Zyah Rizal Fadilla itu bercerita kegiatan sehari-harinya menjadi penjual sandwich dan kue keliling sepulang sekolah. Anak yang akrab dipanggil Rizal itu memang bukanlah anak dari keluarga mampu meski bukan pula anak yang tidak berkecukupan. Prinsipnya yang tidak ingin menyusahkan orang lain dan selalu ingin berbagi membuat saya berdecak kagum. Anak seumuran sekolah dasar sudah memiliki pemikiran untuk mandiri.

sumber gambar http://regional.kompas.com/
Demikian pula dengan Aldi Ferdian, seorang Financial Engineering & Consultant, Investor Indonesia. Sejak kecil Aldi Ferdian juga sudah terbiasa mencari uang jajan sendiri. Kesadaran inilah yang kemudian menempanya menjadi seorang enterprenuer. Kini ada lebih dari 8 perusahaan yang dibiayainya mulai dari Grinta, Travella Tour, Kingkong Jasa Media, Kampung n’De, Danus, Fox One Media Pratama, Individwa, Dwa Cipta, dan lain-lain. Belum lagi proyek sumur tua dan kini merambah ke dunia property yang meliputi Paditeras Condotel, di Seminyak – Bali, dan Quo Space Soho-Fatmawati.


Sebelum menekuni profesi sebagai Financial Engineering & Consultant, Investor, Aldi Ferdian telah mencicipi berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan sebagai sambilan saat masih menjadi pelajar dan mahasiswa diantaranya:

1. penjual mainan tempel bertali dan persewaan buku,
2. supir antar jemput untuk anak sekolah dasar di usia 17 tahun
3. crew service dan delivery service di McDonald Kings Plaza – Bandung,
4. team Event Organizer, Jidar Entreprise, Semarang
5. supervisor Fame Station Café,

Pekerjaan-pekerjaan tersebut dilakoni Aldi Fedian hingga memasuki bangku kuliah sampai akhirnya lulus. Aldi Ferdian menjalani pekerjaannya atas dasar suka dan senang sehingga tidak terasa sedang bekerja.Aldi Ferdian percaya jika yang diperjuangkan bukan uang, melainkan kepuasan maka uang akan mengikuti dengan sendirinya. Perjalanan hidup Aldi Ferdian telah memberikan contoh nyata ide pekerjaan sambilan untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa dilakukan tanpa mengganggu aktivitas utama, yaitu belajar. Semoga menginpirasi.

3 comments :

  1. Aku nonton yang talkshow Rizal itu, terharu beneran nontonnya ngeliat anak SD, pinter, mau jualan, rajin ngaji pula. Sederhana banget...

    ReplyDelete
  2. aku malah kebanyakan kerja sampingan, kuliah terlupakan, paraahhhhh

    ReplyDelete