Skip to main content

Pahlawanku, Dewasa Sebelum Waktunya

"Tadi Al ga da temennya, adek pijet?"
Ekspresi wajah Al yang girang setelah melihat adeknya pulang namun bertanya dengan nada penuh tanda tanya membuat saya langsung tergugu. Saya langsung menghentikan aktivitas dan merengkuh Al. Al begitu menikmati pelukan saya meski kini sorot matanya semakin penuh dengan tanda tanya. Mungkin dia heran mengapa tiba-tibanya ibunya melow.

Bagaimana tidak jika pertanyaan sederhana itu membuat saya terlempar ke jurang rasa bersalah. Bukan pertama kali Al saya tinggal bersama kakek neneknya untuk urusan pekerjaan. Namun baru pertama kali ini anak pertama saya itu mengungkapkan pernyataan bahwa dia kesepian. Hal itu saya ketahui dari cerita si kakek yang menemaninya seharian. Pagi tadi saya memang meninggalkannya untuk menghadiri acara gathering blogger. Acara yang sebenarnya tidak terlalu urgent untuk saya hadiri. Acara yang sekedar untuk memuaskan kerinduan saya kopdar bersama blogger yang ternyata membuat saya menjadi terasa begitu egois hari ini.



Hari ini, tepat tanggal 10 November 2015 Al berusia 3 tahun. Hari ini, hari ulang tahunnya. Dengan dalih saya sudah menyiapkan makanan dan goodie bag untuk teman-teman sekolahnya, saya menganggap itu sudah cukup. Sejak usia 2 tahun Al memang sudah ikut neneknya sekolah. Ibu saya yang tak lain nenek Al adalah seorang guru TK. Nenek tidak keberatan Al ikut sekolah meski terkadang bikin heboh dengan tingkahnya. Walhasil ketika Al mau, maka ia ikut sekolah. Jika tidak ya tidak kami paksa.

Demi ikut acara gathering blogger, saya melewatkan kesempatan melihat Al merayakan tanggal lahirnya di sekolah. Demi berburu goodie bag, saya kehilangan momen Al membagi-bagikan goodie bag untuk teman-temannya karena ibu lupa mendokumentasikan. Dan demi keegoisan saya untuk mendapat me time, saya ternyata "melukai" Al dengan kesepian di hari ulang tahunnya.

Beruntung suami yang biasanya di Semarang bisa pulang kerumah. Suami membawakan hadiah ulang tahun berupa mobil polisi yang sering disebut Al mobil ambulance karena memiliki suara sirine yang hampir sama. Al begitu antusias dengan kado dari papahnya hingga kesedihan terhapus dari wajahnya. Suami yang memahami "kegalauan" saya lalu menepuk-nepuk pundak sambil berkata,
"Tak perlu risau. Ia hanya mempertanyakan mengapa Ia di tinggal. Kelak Ia akan mengerti. Anak kita sudah "dewasa" melebihi standar usianya".
Meski tak serta merta rasa bersalah terobati, perlahan-lahan rasa syukur saya kembali bertumbuh. Melihat Al bermain dengan adiknya, saya bisa melihat bagaimana Al bersikap sebagai seorang kakak di usianya yang baru 3 tahun. Ya, saya memang sudah memberi adik yang tepat berusia 10 bulan di tanggak yang sama. Meski terkadang saya seperti "mengabaikannya" ketika mengurus si adik, Al selalu sayang dengan adiknya. Dengan gaya khas anak usia 2 tahunan, Al selalu mengambil perhatian saya dengan mengajak adiknya turut serta. Dengan begitu, momen saya "kruntelan" bertiga bersama Al dan Sita selalu terjadi setiap hari terutama pagi hari saat bangun tidur. 


Terima kasih Pahlawanku, keadaan telah "memaksa" untuk dewasa sebelum waktunya. Terima kasih telah menjadi anak sekaligus kakak yang lucu dan mengayomi. Semoga kelak Al akan benar-benar memahami mengapa Ia tidak bisa ikut setiap kali ibunya pergi.

Comments

  1. Aamiin...., semoga Al tumbuh seperti harapan kedua orangtuanya...

    ReplyDelete
  2. aamiin makasih sudah berkunjung Tante ;)

    ReplyDelete
  3. Selamat ulang tahun Al dan Sita.moga2.jd anak sholih dan sholihah. Yg akur ya :*

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun, Al... semoga jadi anak yang sholeh... sebentar lagi Sita ya.

    Aku kalau pergi sendiri juga, Al (Aldebaran) suka nelepon, bilang "Mamah, Ade gak ada temennya". Padahal ditinggal juga ada kakak dan bibinya. Tapi bagi Al (Dua-duanya), sepertinya Mamahnya teman terbaik ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante, YES, mamah is the best :D

      Delete
  5. Selamat ulang tahun yaaa AL, panjang umur sehat selalu dan jadi anak yg sholeh

    ReplyDelete
  6. Wow Al ultahnya sama dengan Mas Faris nih. Selamat ulang tahun ya Al, jadi anak yg sholeh sehat dan pintar :*

    ReplyDelete
  7. Salamat ulang tahun Al

    ponakanku jg 3 th. Kalo kelamaan main sma aku, di jg nyari mamanya

    ReplyDelete
  8. Al kakak yang sayang banget sama adek nih, selamat ulang tahun ya. Moga makin pintar dan sholeh, juga selalu sayang ama mama dan adek :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyapih Anak Secara Alami

“Fen, bagi tips menyapih anak dong. Al dulu disapih khan pas hamil Sita?”, tanya salah satu teman sekolah via WA. Saya otomatis nyengir saat membaca pesan tersebut. Meskipun menyandang predikat ibu dari dua orang balita, saya masih NOL besar untuk pengetahuan sapih menyapih, apalagi cara menyapih anak agar tidak rewel. Memang saat hamil Sita, si kakak Al baru berusia 1,5 tahun. Namun Al sudah tidak menyusu jauh sebelum saya hamil Sita. Al sudah berhenti menyusu sejak usia 8 bulan. Tanpa paksaan dan tanpa drama. Justru saya yang “drama” ketika Al berhenti menyusu. Pasalnya saya masih berkeinginan untuk menyusui. Terlebih  ada kampanye yang gencar tentang menyusui dengan predikat lulus S1, S2 sampai S3. Seorang anak dikatakan lulus S3 kalau bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. Perasaan bersalah dan tidak becus menyusui anak sempat menghantui saat itu. Beberapa kali juga saya mendapat pendapat negatif ketika tahu Al sudah tidak menyusu padahal belum genap satu tahun. Termasuk teman…

Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket

Beberapa kali saya melewatkan kesempatan untuk mendengarkan sharing langsung dari owner Vanilla Hijab. Padahal ada sekitar 3-4 kali kesempatan itu datang. Hingga akhirnya bulan kemarin ada info gathering salah satu komunitas bisnis di Jogja yang mengundang Atina dan Intan, kakak beradik yang menggawangi suksesnya Vanilla Hijab. Meski hampir saja kembali terlewatkan karena kuota penuh, akhirnya pihak panitia menambah slot kuota peserta gathering. Alhamdulillah, tiket sudah ditangan. Tinggal berharap bisa benar-benar hadir di hari H.

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket