Tuesday, May 31, 2016

5 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menginap di Hotel Bersama Keluarga

Tuesday, May 31, 2016
Bunda berencana liburan bersama keluarga dan menginap di hotel? Memilih hotel untuk keperluan pribadi tentunya berbeda ketika memilih hotel untuk bermalam bersama keluarga. Khususnya keluarga yang memiliki anak-anak dan orang tua. Jangan sampai kejadian yang saya alami saat menginap di salah satu guest house di Bandung. 


sumber gambar: utrip
Demi kenyamanan bersama, ada baiknya untuk cek kembali hotel pilihan berdasarkan 5 hal berikut.


Lokasi Hotel
Pertimbangan jarak hotel dengan tujuan liburan tentu menjadi pertimbangan pertama. Jika terlalu jauh atau sulit diakses bisa membuat anak atau orang tua kelelahan di perjalanan. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, jarak maksimal 3 KM masih masuk dalam jangkauan.


Letak Kamar
Saat mengajak anak-anak atau orang tua, ada baiknya Bunda menekankan pada recepsionis untuk memilih lokasi kamar yang tidak terlalu diatas. Apalagi jika hotel tidak dilengkapi dengan escalator atau lift. Jika pesan melalui Traveloka bisa dengan menambahkan catatan khusus ketika booking hotel. Hal ini untuk menghidari anak-anak dan orang tua yang sulit untuk beraktivitas di luar kamar karena harus naik-turun.

Ukuran Kamar
Memilih ukuran kamar yang lebih luas dengan perabotan yang tidak terlalu besar dan banyak juga penting supaya gerak anak tidak mengganggu aktivitas penghuni kamar yang lain. Ketika luput cek ukuran kamar ketika menginap di Bandung bertiga dengan suami dan Sita, akhirnya kami harus berdempetan dan susah bergerak. Akhirnya pintu kamar dibiarkan terbuka supaya lebih longgar. Tentunya ini bisa mengurangi kenyamanan kita dan membuat risih penghuni hotel lain.



Fasilitas Hotel
Selain di dalam fasilitas dalam kamar hotel, fasilitas hotel di luar kamar juga patut jadi pertimbangan. Adanya fasilitas hiburan lain yang bisa dinikmati anak-anak atau orang tua tentu bisa menghindarkan mereka dari rasa bosan karena hanya di dalam kamar saja. Kafe, ruang bermain, kolam renang, spa maupun kolam renang bisa menjadi item yang harus di cek keberadaaanya di fasilitas hotel.

Peraturan Hotel
Beberapa hotel menerapkan standar fasilitas untuk anak yang berbeda satu sama lain. Saat saya menginap di salah satu hotel di Magelang, anak-anak yang notabene masih di bawah umur  tahun tetap mendapat layanan tersendiri. Tentunya ini memudahkan bunda jika membawa balita agar tidak repot menyediakan keperluannya.

Memang terlihat ribet ketika harus cek ricek dulu. Namun percayalah bahwa lebih enak meluangkan waktu untuk memastikan 5 hal diatas dibanding harus kecewa ketika sudah sampai di tempat tujuan menginap. Jangan sampai mood selama liburan terganggu karena perkara hotel. Untungnya kini ada Traveloka yang memberikan informasi detail tiap hotel yang tersedia. Cepat, praktis dan lebih mudah membandingkan lalu memilih hotel sesuai kriteria. Jadi, mana hotel pilihan Bunda?

1 comment :

  1. Kalau saya mah milih hotel yg rekomendasinya oke. Takut menyesal kemudian. Hihi

    ReplyDelete