Tuesday, May 17, 2016

Inilah 7 Ragam Jenis Baso untuk Ide Usaha Kuliner

Tuesday, May 17, 2016
Semangkok baso panas berpadu dengan pedasnya sambal bawang membuat banyak orang ketagihan dengan kuliner khas Indonesia satu ini. Sebut saja ibu saya. Bepergian kemana saja selalu mencari baso sebagai pilihan makanan. Beruntung ibu bepergian tidak jauh-jauh dari pulau Jawa. Selain pedagang baso bertebaran dimana-mana, rata-rata harganya masih setara. Kabarnya harga baso di luar Jawa bisa dua kali lipat, WOW…!!!



Baso merupakan kuliner sejuta umat di Indonesia. Mulai dari baso yang dijajakan keliling, kaki lima maupun bintang lima pun ada. Penikmatnya juga mulai dari anak-anak sampai dewasa. Lansia pun tak masalah menikmati baso karena  ada jenis baso yang teksturnya lembut sehingga ramah untuk gigi lansia dan tidak berkolesterol tinggi.

Pangsa pasar pecinta baso yang besar membuat usaha kuliner baso menjadi sangat menjanjikan. Untuk urusan pembuatannya sangat lah mudah. Untuk usaha skala rumahan saja kini sudah ada bumbu baso siap pakai. Jenis baso yang sangat banyak bisa dipilih untuk menjadi ciri khas yang berbeda dengan pesaing yang sudah ada dengan sedikit modifikasi.

1. Baso Daging Sapi
Jenis baso ini paling umum dan banyak ditemukan. Olahan daging sapi yang digiling dengan tambahan bumbu baso dan dibentuk bulat lalu direbus hingga matang. Selanjutnya baso daging sapi ini disajikan dengan kuah kaldu yang juga diberi bumbu. Pangsit, bihun, potongan sawi hijau, bawang merah goreng dan daun sledri menjadi pelengkap  penyajian.

sumber gamabar disini
2. Baso Ikan
Selain daging sapi yang umum digunakan sebagai bahan baku utama baso, daging ikan menjadi variasi bahan baku baso. Proses pembuatan, resep dan penyajiannya tidak jauh beda dengan baso daging sapi.

3. Baso Tahu
Sesuai dengan namanya, tahu menjadi pelengkap penyajian baso daging sapi. Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang lembut. Kuliner baso tahu ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur. Terkadang yang dimaksud baso tahu juga berupa baso yang tidak dibentuk bulat melainkan dimasukkan dalam tahu goreng yang dibelah. Jenis baso tahu ini bisa dinikmati dengan kuah, di goreng atau bahkan langsung disantap dengan cabai.

4. Baso Urat
Berbeda dengan baso daging sapi yang lembut, baso urat memiliki tekstur berserat seperti urat. Warnanya juga cenderung lebih berwarna.  Ada pula yang menyajikan baso urat satu porsi dengan baso daging sapi.

5. Baso Tengkleng
Potongan daging sapi atau lemak terkadang juga menjadi pelengkap sajian baso kuah. Namun ternyata tengkleng bisa menjadi pelengkap yang lebih menarik minat karena ukurannya yang lebih besar dan sensasi menyedot sumsum tulang membuat kuliner ini jadi pilihan.

6. Baso Bakar
Jika baso jenis lain disajikan dengan kuah, baso bakar ini tidak berkuah. Alih-alih diletakkan dalam mangkok, baso bakar ditusuk dan dipanggang layaknya sate. Selain dijajakan keliling, baso bakar kini juga merambah kuliner ala resto bahkan foodcourt di mall.

7. Baso Ojek
Baso ojek masuk dalam kategori jajanan atau cemilan. Jajajan yang bisa dibilang sejenis cimol ini terbuat dari tepung kanji yang diberi bumbu baso. Bentuknya bulat dan terkadang diberi isian potongan daging atau telur puyuh. Baso ojek lazim dijajakan keliling dengan sepeda atau sepeda motor. Dinikmati dengan saos sambal atau kecap, baso ojek menjadi favorit anak-anak.

Beragam pilihan jenis baso untuk ide usaha kuliner diatas bisa dipilih sesuai anggaran modal dan selera pasar. Untuk jaminan kualitas rasa yang konsisten, pilihan menggunakan bumbu baso siap pakai menjadi keputusan yang terbaik. Selain praktis, bisa digunakan untuk porsi kecil atau besar tidak masalah. Berminat buka usaha kuliner baso?

2 comments :

  1. Dan sekarang sudah mulai muncul Bakso Sayur ya , mbak. Cocok kalau mau incar target pasar yang vegetarian :)

    ReplyDelete
  2. Saya paling suka baso sapi dan baso tahu. Enakkkk ^_^
    Dan tiba-tiba jadi pengen ngebakso :(

    ReplyDelete