Custom Pages

Monday, May 30, 2016

Bunda Ingin Anak Menjadi Generasi Gemilang Di Masa Depan? Perhatikan Do and Don’t Berikut Ketika Menemani Anak Bereksplorasi

Monday, May 30, 2016
Bunda memiliki anak yang aktif bahkan cenderung terlalu banyak bergerak hingga membahayakan diri? Tenang Bunda, kita sama. Kedua buah hati saya, Al dan Sita aktif sekali. Terlebih sejak bisa berjalan dan bermain diluar ruangan. 
Lalu bagaimana menanggapinya? Bagaimana supaya tidak berbahaya? Bagaimana cara melarangnya?
Sita ketika bermain di wahana memancing ikan di booth Dancow Explore the World
Segudang pertanyaan tersebut juga menggelayuti hati dan pikiran saya. Beruntung saya berkesempatan menghadiri acara DANCOW Explore The World bersama DANCOW EXCELNUTRI+ di Plaza Ambarukmo hari Sabtu, 14 Mei 2016 lalu. Dalam acara tersebut ada sesi sharing bersama bunda Sari Sunda Bulan (pakar nutrisi), bunda Ratih (psikolog), bunda Shannaz Haque (brand ambassador Dancow) dan juga bunda Carissa Putri, pemain film yang kini memiliki anak berusia 1 tahun bernama Quenzino. Ternyata ada banyak sekali hal yang selama ini saya pahami dan lakukan itu salah.


Tahukah bunda bahwa ternyata buah hati usia 1 tahun itu tak lagi dalam disebut bayi, melainkan anak? Mengapa? Karena ketika memasuki usia 1 tahun, buah hati sudah memiliki keinginan dan kemampuan untuk bereksplorasi. "Pada saat mulai berjalan, maka dimulailah anak bereksplorasi lebih terhadap dunia luar”, ujar bunda Ratih. Masa ini menjadi masa emas yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak sehingga menjadi generasi gemilang di masa depan.

Oleh karena berikan dan lakukan hal berikut ketika mendampingi anak bereksplorasi.

Berikan dukungan serta cinta kasih ayah dan bunda

Sharing bunda Shannaz dan bunda Carissa dalam mendidik anak
Fakta menunjukkan bahwa anak yang mendapat cukup dukungan serta cinta kasih ayah bunda memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Seperti halnya buah hati bunda Shannaz yang menjadi tim softball nasional. Kehadiran sang ayah ketika sedang bertanding membuatnya lebih optimis dan bersemangat.

Berikan apa yang dibutuhkan, bukan apa yang disukai
Hal ini sering berkaitan dengan makanan. Bunda cenderung memberikan apa yang disukai anak-anak? Ketahuilah bunda bahwa kesehatan anak itu tergantung dari apa yang dia cerna. Jika hanya sekedar memberikan apa yang disukai, belum tentu kebutuhan gizi anak-anak tercukupi.


Selain memperhatikan hal tersebut diatas, ayah bunda juga perlu tahu tentang apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan ketika anak sedang bereksplorasi.

Kurangi penggunaan kata Jangan
Jujur saja, melontarkan kata jangan itu sangat mudah. Apalagi jika melihat anak sangat aktif bereksplorasi. Namun daripada menggunakan kata jangan yang cenderung mendorong anak-anak untuk melakukannya, bunda Ratih memberikan tips jitu. Beri tahu apa yang sebaiknya anak-anak lakukan dan juga akibatnya jika melanggar. Contohnya ketika bunda Ratih membawa kedua putranya ketika mengisi acara. Bunda Ratih memberitahu anak-anak untuk bermain di sekitar tempat yang masih terjangkau dalam pandangan ibunya dan mudah diawasi. Anak akan lebih mengerti dibanding dilarang bermain jauh-jauh.


Membiarkan anak sendiri
Bagaimanapun juga anak usia 1 tahun belum bisa membedakan mana yang aman dan berbahaya untuk dirinya sendiri. Oleh karenanya masih perlu pengawasan ayah bunda atau orang dewasa yang bisa dipercaya. Seperti halnya yang dicontohkan bunda Carissa. Alih-alih melarang Quenzino bermain di sekitar kursi, bunda Carisaa mengingatkan Quenzino untuk berhati-hati dan menutupi ujung kursi yang tajam.

Lupa memberikan asupan gizi
Anak yang sudah asyik bereksplorasi seringkali lupa makan. Inilah tugas ayah bunda untuk memastikan anak makan tepat waktu agar tidak kekurangan gizi dan energi.

DANCOW memahami pentingnya stimulasi dan nutrisi yang baik dan tepat untuk anak. Melalui roadshow Explore the World, anak diajak untuk merasakan serunya eksplorasi berkeliling 4 negara. Dancow menghadirkan Indonesia dengan pantainya, Jepang dengan budaya origami dan bunga sakura, Belanda dengan bunga tulip dan peternakannya serta Brazil dengan flora dan faunanya. Sita suka sekali ketika diajak bermain di pasir ala pantai Bali, memancing di kolam ikan, bermain di taman bunga tulip, memerah susu hingga takjub dengan bunga sakura serta satwa yang ada terutama burung. 








Dancow juga membantu ayah bunda memberikan nutrisi yang baik dengan menghadirkan produk DANCOW EXCELNUTRI+ yang diperkaya dengan kandungan bakteri baik untuk kesehatan pencernaan anak.



Melalui Dancow Parenting Center, ayah bunda bisa mendapatkan cara mendidik anak supaya tidak salah kaprah ketika mendampingi anak bereskplorasi. Semoga bermanfaat dan mari dukung anak menjadi generasi gemilang untuk masa depan.

8 comments :

  1. Hiiks ga ikutan yg sesi talkshownya, padahal bagus yaa :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, narasumber kali ini lebih kocak juga ;)

      Delete
  2. Booth nya keren-keren bgt ya mba

    ReplyDelete
  3. Acara ini recommended buat para ortu ya..sangat edukatif.. :)

    ReplyDelete
  4. Ini acara bagus banget ya mbak, agendakan untuk next time.

    ReplyDelete
  5. Acara yang sarat dengan bincang edukatif begini benar-benar seru ya. Bisa menambah wawasan tentang anak dan kebutuhannya :)

    ReplyDelete
  6. acaranya bagus banget ya, pas buat para orang tua. :)

    ReplyDelete
  7. Dancow concern dengan pertumbuhan dan perkembangan anak ya, Fen.

    ReplyDelete