Tuesday, August 23, 2016

Inilah 5 Trik Untuk Ibu Bekerja Agar Bisa Menyanyikan Menu Sehat Keluarga Setiap Hari

Tuesday, August 23, 2016
Sejak memutuskan untuk membuka kios, Fenny jadi memiliki jadwal untuk keluar dan diluar rumah setiap harinya layaknya ibu bekerja. Jika sebelumnya mudah-mudah saja menyiapkan menu untuk keluarga terutama untuk dua balita yang lumayan picky eater, kini Fenny harus memutar otak supaya kebutuhan pangan keluarga tidak keteteran. Pilihan untuk membeli makanan jadi menjadi alternatif pertama. Namun ternyata meski banyak pilihan makanan jadi baik itu sayur maupun lauknya, ada rasa bosan dan tidak puas ketika menyajikan makanan. Dirasa-rasa anggarannya juga meluber kemana-mana karena saat beli menu yang seharusnya cuma sayur dan lauk jadi merembet ke cemilan-cemilan. Oke, mari kita ganti strategi.

 
Urusan makanan sebenarnya menu pilihan keluarga terutama balita Fenny bukanlah menu yang ribet. Meski pilih-pilih tapi tetap  menu makanan yang sehat dan murah. Jadi untuk strategi urusan menu keluarga, inilah 5 trik yang Fenny lakukan.

1. Membuat daftar menu sayur dan lauk yang diminati keluarga.
2. Membuat jadwal menu selama seminggu. Asal pintar memadu padankan lauk dan sayur, menu masakan dijamin tidak akan membosankan.
3. Berbelanja sayur dan lauk pokok seminggu sekali jika memungkinkan. Jika ada bahan segar yang harus dibeli mendadak, bisa pesan ada tukang sayur keliling.
4. Memotong-motong sayur dan lauk dalam ukuran yang mudah disimpan dan siap pakai. Kebetulan Fenny punya wadah penyimpanan transparan yang memudahkan untuk menyimpan dan megambil bahan masakan.
5. Membuat stok sayur dan lauk yang bisa dimasak seminggu sekali lalu menyimpannya di freezer menjadi makanan beku. Saat akan dihidangkan, makanan beku ini cukup dihangatkan, digoreng atau ditambah bahan semisal santan saja.

Dengan 5 trik untuk  ibu bekerja agar bisa menyanyikan menu sehat keluarga setiap hari diatas, Fenny tetap harus meluangkan waktu untuk berkutat di dapur. Namun jika dihitung-hitung, lamanya memasak jadi lebih singkat dibanding waktu untuk mengantri di rumah makan. Tidak harus repot keluar rumah juga. Anggaran pun jadi lebih hemat dan terkontrol.  Jika anggaran untuk menu makanan bisa dihemat, lumayan dong bisa buat beli tambah peralatan dapur, hehe.


No comments :

Post a Comment