Skip to main content

Melibatkan Sosok Ayah Ketika Mengurus Bayi Itu Penting

Kebahagiaan saat memiliki anak bukan hanya ketika menyambut kelahirannya saja. Kebahagiaan ini juga diiringi oleh tanggung jawab orang tua yang besar. Bukan hanya ibu lo yang harus merawat dan mendukung tumbuh kembang bayi. Peran ayah dalam mengurus bayi baru lahir juga tidak kalah penting.


Sebagai sosok ayah yang baik, sudah menjadi kewajiban untuk ikut mengurus bayi secara bergantian dengan sang ibu. Mari melibatkan sosok ayah ketika mengurus bayi dengan melakukan hal-hal sederhana ini :


  • Menentukan Pembagian Waktu
Pembagian waktu mengurus bayi antara ayah dan ibu memang penting. Pagi hingga sore hari biasanya ayah akan disibukkan oleh aktivitas kerja. Tetapi saat ayah sudah pulang dan beristirahat, maka urusan mengurus bayi pun bisa dibantu oleh ayah. Demikian pula halnya ketika hari libur tiba. Sehingga hal ini membuat ibu memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidak rentan sakit.
  • Mengajarkan Hal-Hal Sederhana Kepada Ayah
Banyak sekali hal sederhana yang bisa dipelajari ayah untuk urusan mengurus bayi. Mengganti popok, memberi susu, dan membersihkan tempat tidur bayi adalah contoh hal-hal yang bisa dilakukan ayah. Hal ini juga bisa membuat ayah lebih mandiri ketika ibu harus pergi sebentar atau melakukan aktivitas lain di luar merawat bayi.
  • Mengajak Ayah Bermain dengan Bayi yang Sudah Rapi
Ayah tentu tidak ingin hanya mendapatkan jatah mengurus bayi saja. Ibu mesti sering-sering mengajak ayah bermain dengan bayi yang sudah rapi dan bersih. Sehingga kedekatan antara ayah dan bayi semakin hangat. Setiap tumbuh kembang bayi akan membuat ayah merasa senang dan takjub.
  • Memberikan Pengarahan Secara Sabar
Sudah jadi naluri alami wanita untuk mengurus anak secara telaten dan cekatan. Hal ini jelas berbeda dengan kaum pria. Karena kaum pria membutuhkan waktu lebih banyak untuk belajar mengurus bayi. Oleh sebab itu, ibu patut lebih sabar saat memberikan pengarahan kepada ayah. Percayalah bahwa ayah pasti bisa membantu mengurus bayi dengan benar, asalkan ayah diberikan kepercayaan dan petunjuk yang tepat.

Meski sedang asyik menjalankan peran baru sebagai orang tua, jangan sampai ibu lupa memperhatikan ayah, ya. Ibu bisa menghabiskan waktu berduaan dengan ayah melalui cara-cara sederhana. Misalnya ketika berada di rumah, ajaklah ayah untuk berburu perlengkapan bayi murah di MatahariMall. Mengakses MatahariMall bersama ayah akan membuat ibu mendapatkan saran tentang perlengkapan bayi yang menarik sekaligus bermanfaat. Sebagai orang tua baru, ternyata menghabiskan waktu berduaan dengan ayah tidak harus dilakukan dengan cara yang sulit ya, Bu.

Comments

  1. Ada capek dan senengnya pas ngasuh anak sendiri tuh hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menyapih Anak Secara Alami

“Fen, bagi tips menyapih anak dong. Al dulu disapih khan pas hamil Sita?”, tanya salah satu teman sekolah via WA. Saya otomatis nyengir saat membaca pesan tersebut. Meskipun menyandang predikat ibu dari dua orang balita, saya masih NOL besar untuk pengetahuan sapih menyapih, apalagi cara menyapih anak agar tidak rewel. Memang saat hamil Sita, si kakak Al baru berusia 1,5 tahun. Namun Al sudah tidak menyusu jauh sebelum saya hamil Sita. Al sudah berhenti menyusu sejak usia 8 bulan. Tanpa paksaan dan tanpa drama. Justru saya yang “drama” ketika Al berhenti menyusu. Pasalnya saya masih berkeinginan untuk menyusui. Terlebih  ada kampanye yang gencar tentang menyusui dengan predikat lulus S1, S2 sampai S3. Seorang anak dikatakan lulus S3 kalau bisa mendapatkan ASI sampai usia 2 tahun. Perasaan bersalah dan tidak becus menyusui anak sempat menghantui saat itu. Beberapa kali juga saya mendapat pendapat negatif ketika tahu Al sudah tidak menyusu padahal belum genap satu tahun. Termasuk teman…

Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket

Beberapa kali saya melewatkan kesempatan untuk mendengarkan sharing langsung dari owner Vanilla Hijab. Padahal ada sekitar 3-4 kali kesempatan itu datang. Hingga akhirnya bulan kemarin ada info gathering salah satu komunitas bisnis di Jogja yang mengundang Atina dan Intan, kakak beradik yang menggawangi suksesnya Vanilla Hijab. Meski hampir saja kembali terlewatkan karena kuota penuh, akhirnya pihak panitia menambah slot kuota peserta gathering. Alhamdulillah, tiket sudah ditangan. Tinggal berharap bisa benar-benar hadir di hari H.

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket