Custom Pages

Wednesday, August 30, 2017

Mendulang Untung Dari Bisnis Jual Beli Buku-Buku Sale

Wednesday, August 30, 2017

Perkara jual beli buku sudah tidak asing untuk saya. Bisa dibilang awal karir saya terjun di dunia jual beli dengan menjual buku digital. Tidak tanggung-tanggung, harganya berkisar dua ratus ribu keatas. Kini, sepertinya tren buku harga premium tersebut kembali naik daun. Bedanya, produk buku tersebut hadir dalam buku fisik. Salah satunya buku terbitan Billionaire Store dimana saya menjadi salah satu resellernya. Meski hanya sebagai sambilan, keuntungan menjual buku yang saya promosikan melalui internet bisa mencapai angka jutaan rupiah.



Pengalaman menjual buku ternyata membuat insting peluang yang berkaitan dengan buku menjadi lebih kuat. Seperti halnya ketika ada event Gramedia Sale yang berlangsung di dekat rumah orang tua saya. Bandrol harga 5000-1000 terpampang nyata dan begitu menggoda. Saya melihat beberapa buku yang pernah masuk dalam kategori Best Seller dan beberapa yang ditulis oleh penulis kenamaan. Saat melihat tumpukan buku-buku sale tersebut, langsung terpetik ide bisnis yang menjanjikan.

Mengetahui harga jual produk menjadi tips penting cara memulai bisnis jual buku sale. Contohnya seperti buku, Ibu, Madrasah Pertamaku. Buku tersebut dijual dengan harga normal berkisar empat puluh ribuan. Saat di sale oleh toko buku, buku tersebut hanya dijual sepuluh ribu rupiah. Jika saya jual kembali dengan diskon 50% dari harga normal, sudah ada peluang keuntungan mencapai 100% dari modal. Dilihat dari sisi pembeli, diskon 50% tentu juga sangat menarik bukan?


Langsung saja saya memborong semua stok buku yang ada. Saya juga membeli beberapa judul buku lainnya yang menarik. Atas pertimbangan event Gramedia Sale yang berlangsung hingga beberapa hari kemudian, tidak semua judul buku saya borong stoknya. Untuk beberapa judul lainnya, saya mempromosikan terlebih dahulu baru kembali ke booth Gramedia Sale jika ada yang berminat.

Selanjutnya adalah cara bisnis buku online. Saya memiliki group reseller buku yang juga saya ajarkan dan bimbing untuk menjual buku secara online. Saya juga menyediakan materi promosi buku. Untuk materi promo buku-buku sale, saya menggunakan trik menggambil gambar lalu menambahkan poin-point penting dalam buku. Dengan demikian, para reseller bisa ikut mempromosikan buku.


Saya juga mengadakan bedah buku untuk menambahkan pengetahuan para reseller atau juga untuk menarik minat para pembeli. Bedah buku bisa dilakukan secara online melalui group media sosial ataupun chatting.

Jika belum memiliki reseller buku, menjual secara pribadi juga sangat memungkinkan. Bahkan bisa dibilang lebih menguntungkan dari sisi laba karena tidak harus berbagi keuntungan dengan reseller. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui selera pasar. Jenis buku yang saya borong saat Gramedia Sale adalah buku parenting dimana saya tahu bahwa database pasar yang saya punya memiliki minat yang sama. Terbukti stok buku  parenting yang saya borong ludes dalam hitungan 2 hari saja. Contoh lain adalah buku kuliner tentang biografi pakar kuliner Fatmah Bahalwan. Saya memilih buku tersebut karena saya memiliki lingkungan pertemanan yang mengenal beliau atau minimal memiliki kesukaan dan usaha di bidang kuliner.

Mudah dan murah bukan mendulang untung dari bisnis jual buku sale? Di lain waktu, saya akan berbagi tentang cara menjadi reseller buku online berikut tips merekrut reseller buku untuk mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah.

No comments :

Post a Comment