Custom Pages

Friday, August 11, 2017

Rahasia Instagram Marketing ala Vanilla Hijab, Pelopor Online Shop Hijab Warna Pastel

Friday, August 11, 2017

Assalamualaikum,  apakah ada yang menantikan tema postingan ini dengan tidak sabar? Hmmm …. bagi pembaca postingan tentang Vanilla Hijab sebelumnya, tentu tidak sabar bukan? Pasti antara gemes gemes penasaran rahasia apa dibalik kesuksesan Vanilla Hijab menggunakan media instagram untuk promosi produknya.

Baca juga: Mengungkap Marketing Langit Vanilla Hijab, Rahasia Banjir Order Bisnis Jilbab Ribuan Paket


Beberapa kali saya menemukan foto owner Vanilla Hijab di tengah tumpukan paket yang menggunung. Ajaib, setiap kali launching produk selalu SOLD OUT. Padahal owner mengaku sudah memproduksi ribuan pcs setiap launching. Bahkan teman saya ada yang memberikan pengakuan bahwa dia kaget ketika ikut rebutan order. Ketinggalan beberapa menit kabarnya sudah tidak kebagian. Terlihat pula di website Vanilla Hijab yang jarang tersedia produk ready stock. Oh ya, meski promosi Vanilla Hijab khusus menggunakan instagram namun untuk penjualan mereka menggunakan website. Latar belakang penggunaan website untuk sistem order nanti juga akan saya ceritakan. Jadi, baca sampai akhir dengan seksama ya.

Cara Sukses Jualan Online di Instagram ala Vanilla Hijab 

Saya lupa alasan Vanilla Hijab menggunakan instagram di awal usahanya. Namun yang pasti sekitar 4 tahun lalu Atina, owner Vanilla Hijab mulai berjualan di instagram dengan produk jilbab segiempat. Kala itu belum banyak orang yang melirik instagram untuk berjualan, khususnya produk hijab. Jadi bisa dibilang Vanilla Hijab adalah pelopor online shop hijab di instagram.

Lalu, langkah apa yang dilakukan Atina untuk menarik pengguna instagram melirik online shopnya, berbelanja lalu jadi Sister Vanilla yang royal?

Rajin memberikan LIKE dan KOMEN

Ternyata itu rahasianya saudara-saudara.Terdengar sepele dan tidak menyakinkan bukan? Namun faktanya itu cara mengiklankan produk di instagram yang dilakukan Atina. Atina rajin memberikan like dan komen di 100 akun yang berbeda setiap periode waktu. Dan itu dilakukan secara manual. Beda halnya dengan sekarang yang ada tools untuk auto like dan auto follow. Lain kali, saya akan bahas tools tersebut.

Karena Atina saat itu juga masih kuliah, maka ia juga meminta bantuan ibunya untuk melakukan like dan komen akun di instagram. Atina mengajarkan pada sang ibu bagaimana mencari akun yang sesuai dengan target marketnya, memberikan like dan komen dan seterusnya berulang sampai 100 kali. Terbukti cara promosi instagram gratis tersebut ampuh untuk mendapatkan banjir order.

Awalnya Vanilla Hijab menggunakan media chatting seperti pada umumnya online shop di instagram. Lama kelamaan sistem order tersebut tidak terlalu praktis dan efektif untuk melayani pelanggan. Meski mengaku telah merekrut 10 CS namun masih saja kewalahan. Untuk mendapatkan balasan saja kadang pelanggan harus menunggu berjam-jam. Hal tersebut tentunya juga membuat pelanggan kesal dan Vanilla Hijab semakin banyak mendapatkan komplain.

Olah karenanya Vanilla Hijab memutuskan untuk menggunakan website untuk sistem order. Melalui website, pelanggan bisa langsung mengetahui harga, jenis bahan, ukuran dan warna yang tersedia. Proses order juga bisa lebih cepat dan praktis karena ada keranjang belanja yang otomatis bisa menghitung total belanja berikut ongkos kirimnya. Meski harus menggelontorkan sejumlah uang yang besar untuk pembuatan website namun cara tersebut lebih memudahkan Vanilla Hijab untuk melayani pelanggan. Kini CS hanya bertugas untuk melayani tanya jawab produk dan komplain.

Mengupas Rahasia Vanilla Hijab Mendapatkan Pelanggan Royal



Sayang sekali saat acara sharing bersama Vanilla Hijab, saya tidak bisa mengikuti sampai akhir karena anak-anak kurang kondusif. Namun sebelumnya saya sudah sering mengulik akun instagram Vanilla Hijab untuk mencari tahu bagaimana mereka bisa mengelola pelanggan hingga menjadi pelanggan yang royal  bahkan rela mengikuti prosedur rebutan untuk mendapatkan produk.

Dan hasil penelusuran saya memberikan kesimpulan bahwa Vanilla Hijab konsisten dengan 3 hal berikut:
1. Gift
Saya ingat saat momen lebaran beberapa tahun lalu, Vanilla Hijab memberikan ratusan hampers ke pelanggan Vanilla Hijab. Saya lupa bagaimana prosedur untuk mendapatkan hampers tersebut namun yang pasti hampers berisi cookies dan tasbih tersebut dikemas sangat cantik. Dijamin pelanggan mana yang tidak makin jatuh hati jika mendapatkannya. Di lain waktu, Vanilla Hijab juga melakukan giveaway atau memberikan hadiah untuk followers akun instagram mereka yang rajin like dan komen.

2. Eksklusif
Produk-produk Vanilla Hijab termasuk produk eksklusif. Produk yang diproduksi terbatas membuat pelanggannya merasa special ketika mendapatkannya. Baru-baru ini Vanilla Hijab mengeluarkan produk tas dan dress dengan motif lukis. Tentunya dengan warna pastel yang menjadi ciri khas Vanilla Hijab. Meski tak lama kemudian motif khusus tersebut langsung dijiplak oleh brand lain, namun hal tersebut membuat Vanilla Hijab berada di posisi trend setter.

3. Persuasif
Sister Vanilla adalah panggilan sayang untuk pelanggan Vanila Hijab. Melalui para Sister ini, Vanilla Hijab juga mengajak mereka untuk secara tidak langsung ikut mempromosikan produk. Misalnya dengan ajakan untuk posting OOTD dengan produk Vanilla Hijab di akun instagram masing-masing dengan hastagh tertentu yang nantinya akan di repost di akun instagram Sister Vanilla Hijab. Vanilla Hijab juga menggelar beberapa acara yang melibatkan Sister Vanilla. Selain membangun kedekatan dengan pelanggan, cara ini juga ampuh untuk membuat pelanggan Vanila Hijab semakin royal.

Ada yang punya pengalaman dengan Vanilla Hijab? Bagikan di komentar yuk :)

3 comments :

  1. Jihan rental peralatan bayiTuesday, 15 August, 2017

    Assalamualaikum mb fenny.. Sy termasuk paling suka buka Web ya vanila hijab.. Alhamdulillah pernah dapat 2 produk nya itu juga cepat2an..

    ReplyDelete
  2. Soft banget warna hijabnya. Sukaaaa

    ReplyDelete
  3. Oooh gitu ya. Selain itu menang kualitas juga, makanya yang udah pernah nyoba nggak kecewa dan mau beli lagi :D

    ReplyDelete